Pemerintah Setagaya Ward, Tokyo, membuka “Tempat Parkir Sepeda Bertenaga Matahari” dilengkapi dengan Sistem Photovoltaic (PV) pada 16 Maret 2010. Ini adalah tempat parkir sepeda bertenaga matahari kedua parkir sepeda di prefektur, dan dengan kapasitas 100 sepeda sekarang tersedia untuk disewa dengan harga ¥ 300 per hari.


Pada tempat parkir sepeda bertenaga matahari, listrik yang dihasilkan oleh sel-sel PV disimpan dalam baterei isi ulang lithium-ion (Li-ion) kapasitas besar. Kemudian, daya listrik yang ditransfer ke baterai Li-ion dapat dipasang pada sepeda.
Parkir sepeda bertenaga matahari memiliki 36 PV panel dengan nilai output 210W (total 7.56kW) di atapnya dan Li-ion baterai yang dapat diisi ulang dengan kapasitas 9.678kWh. Daya listrik Li-ion battery yang dipasang pada fitur sepeda dengan kapasitas 160Wh dan dapat melakukan perjalanan lebih dari 30km per charge.


Bila baterai terisi penuh, parkir dapat digunakan selama dua atau tiga hari bahkan jika tidak dapat diisi dikenakan karena cuaca buruk, kata Sanyo Electric Co Ltd, yang menyediakan sistem PV. Li-ion baterai dari tempat parkir juga dapat diisi dengan listrik dari grid.

Type PV panel adalah “HIP-210NKH5,” yang modul efisiensi konversinya adalah 17,0%. Baterai Li-ion untuk tempat parkir adalah sebuah paket yang terdiri dari tiga “DCB-101” sistem, yang masing-masing dibuat dengan menghubungkan 13 sel Li-ion tipe 18650 secara seri yang dikembangkan oleh Sanyo dan menghubungkan 24 unit sel-sel yang terhubung secara paralel. Dua Paket diinstal di tempat parkir.


Baterai untuk sepeda dibuat dengan menghubungkan 7 18650-tipe Li-ion sel secara seri dan menghubungkan 3 unit sel-sel yang terhubung secara paralel. Jenis sepeda adalah sepeda eneloop CY-SPA226, yang dapat membantu mengayuh lebih kuat daripada sepeda tenaga listrik lainya.