Presiden Amerika, Obama, untuk kesekian kalinya membatalkan lagi rencana kunjungan nya ke Indonesia. seperti yang sempat diumumkan secara resmi oleh wakil presiden Amerika bahwa Obama akan mengunjungi Indonesia pada tanggal 14 Juni 2010 ini, tetapi Presiden Obama menelpon langsung Presiden SBY pagi ini, (4/6/2010) untuk mengabarkan pembatalan kunjungan nya tersebut.


“Dalam percakapan melalui telepon tersebut, Presiden Obama menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden SBY karena terpaksa menunda sementara kunjungannya ke Indonesia dan Australia yang direncanakan pada pertengahan Juni 2010 ini,” kata Juru Bicara Presiden yang membidangi urusan luar negeri, Dino Patti Djalal, dalam siaran persnya yang diterima Kompas.com siang ini.

Dijelaskan Dino, penundaan tersebut terjadi adalah disebabkan oleh Presiden Obama harus memfokuskan perhatiannya pada upaya menanggulangi bencana lingkungan berupa pencemaran minyak (oil-spill) di perairan Teluk Meksiko yang sepertinya sudah semakin parah dari hari ke hari.

Tentang hal tersebut, menurut Dino, Presiden SBY mengaku dapat mengerti keputusan Presiden Obama yang memilih untuk tetap berada di Amerika untuk menangani bencana lingkungan terburuk dalam sejarah negara tersebut. “Presiden SBY sendiri akan sangat sulit meninggalkan Indonesia di tengah bencana alam yang terjadi di dalam negeri, seperti bencana tsunami,” kata Dino.

Dengan dibatalkan nya kembali kunjungan ini, kedua pemimpin negara sepakat untuk mencari tanggal yang tepat untuk mengunjuni Indonesia yang juga merupakan tempat tinggal masa kecilnya presiden Obama. Menurut Dino, kunjungan Obama ada kemungkinan akan dilakukan pada bulan November atau sebelumnya.