Jika dibandingkan dengan merk lain, notebook besutan Panasonic memang memiliki keunikan tersendiri. Toughbook, komputer jinjing berlapis baja tersebut, mampu dioperasikan pada segala kondisi cuaca dan medan. Entah itu berdebu, hujan air, terbakar, hingga cuaca yang amat dingin.

Karena keunikannya itu, maka tidak heran jika PT Ander Cakra Buana sebagai distributor tunggal Toughbook di Indonesia memasarkan produk tersebut dengan harga jauh lebih tinggi jika dibandingkan merk lain.

“Harga untuk Toughtbook mulai dari USD 5000 hingga USD 8000 (sekitar Rp 77 Juta). Itupun masih biasa disesuaikan, bisa kurang dari 5 ribu atau malah lebih dari 8 ribu tergantung permintaan penggunannya,” ujar Ricard Kartawijaya, President Direktur, Cakra Buana usai meluncurkan jajaran Toughbook, di Grand Hyatt Hotel, Selasa (1/6/2010).

Toughbook merupakan jajaran komputer jinjing Panasonic yang diklaim memiliki ketahanan hebat, bahkan hingga dibakar sekalipun. Meski telah hadir di Indonesia sejak 2006 silam, namun baru hari ini Panasonic merilis secara resmi produk tersebut ke pasaran.

“Sebenarnya Toughtbook sudah ada sejak 2006 silam, cuma kebanyakan pengguna di Indonesia langsung memesan dari Jepang ataupun Amerika. Baru sekarang Toughbook resmi di Indonesia berserta layanan purna jualnya,” pungkas Richard.