Jumat, 28 Mei 2010 – 11:31 WIB



Banyak sekali orang-orang yang sudah tidak bisa produktif lagi ketika menginjak usia 70-an bahkan tidak jarang orang-orang mulai pensiun di usia lebih muda dari itu. Akan tetapi lain hal nya dengan Ivor Power sang pelatih sepak bola yang menetap di Colerne, Wiltshire, Powell. Ivor masih menjadi pelatih pada saat usianya menginjak 93 tahun dan baru menyatakan dirinya pensiun dari lapangan hijau baru-baru ini. Dirinya akan menginjak usia 94 tahun di bulan Juli ini.

Lahir 5 Juli 1916 di Bargoed, perbatasan Inggris, Ivor resmi adalah pelatih tertua di dunia ketika dia menerima sertifikat dari Guiness Book Of Record sebagai pelatih tertua saat dirinya berumur 90 tahun. Selama karier kepelatihannya yang berlangsung 37 tahun, Powell yang dikenal sebagai Wayne Rooney pada eranya, telah melatih 9 ribu pemain.

Ivor memluai karir nya sebagai pemain sepak bola pada tahun 1933 dimana dia mendapatkan kontrak dengan  klub Queen’s Park Rangers. Akan tetapi karirnya harus putus saat itu karena dia dikirim sebagai personel angkatan udara Inggris ke India untuk membela negaranya ketika meletusnya Perang Dunia II.

Baru pada tahun 1946 Ivor berhasil meneruskan karir nya lagi dengan bergabung dengan Blackpool, lalu ke Aston Villa dimana dia berhasil mendapatkan kontrak termahal pada jaman tersebut yaitu 17.500 pounsterling. Lahir di Bargoed, Caerphilly, Ivor bermain 14 kali untuk Welsh international. Setelah itu, selama 37 tahun terakhir ia melatih untuk tim Bath University dimana pada tahun 2002, pelatih ini berhasil membawa Bath University ke putaran pertama FA Cup. Enam tahun kemudian dia mendapat penghargaan negara atas jasa-jasanya di sepak bola.

Sepakbola adalah hidupnya bagi sang pelatih ini. Walupun pernah beberapa kali menyatakan mau mundur sebelumnya, Ivor mengatakan bahwa dirinya hanya bercanda ketika itu karena dia tidak mungkin bisa hidup tanpa sepak bola.

ivan powell