Siapa menyangka nenek yang berumur hampir 100 tahun pun bisa kepincut iPad dan suka dengan tablet komputer terbaru buatan Apple itu. Ini membuktikan asumsi banyak pakar bahwa perangkat berlayar sentuh semacam itu berpotensi menjadi alat komunikasi bagi orang yang mengalami kemunduran fungsi fisik seperti para manula dan penyandang penyakit saraf.
Adalah Virginia Campbell (99), warga Lake Oswego, Oregon, AS, yang kini tengah gandrung dengan iPad. Video yang memperlihatkan Campbell tengah duduk di sofa dan sedang memainkan iPad-nya di blok apartemen yang ditempatinya Mary’s Wood Retirement Community langsung populer di YouTube.

Dalam video tersebut, Campbell benar-benar serius dan tertegun tanpa melihat kamera yang tengah merekamnya. Ia sibun memainkan jarinya di layar iPad yang menjadi mainan baru baginya dan ratusan ribu orang AS saat ini.

“(iPad) merubah hidupnya,” ujar Ginny Adelsheim, salah satu anak perempuannya seperti dilansir Oregonlive.com. Campbell yang lulus dari jurusan Sastra Inggris di Reed College tahun 1930-an adalah seorang yang gemar menulis dan membaca. Namun, sejak terserang glaukoma ia kesulitan membaca buku-buku koleksinya.

Kini, dengan hadirnya iPad, Campbell bisa kembali membaca dan bahkan menulis dengan lebih mudah. Ia bisa mengatur ukuran huruf yang paling pas buat matanya tanpa repot menggunakan mouse atau keyboard seperti kalau menggunakan komputer.

Uniknya, Campbell yang merupakan janda mantan Wali Kota Lake Oswego C. Herald Campbell tak pernah tertarik memiliki komputer atau Kindle sebelumnya. Tapi, saat mendengar iPad ia menginginkannya.