Serangan phising Facebook kembali terjadi minggu ini! Adalah sebuah serangan terbesar ketiga di situs Facebook dalam tiga minggu terakhir. Serangan itu mencoba untuk mencuri login data Anda Facebook, menginstal malware di komputer Anda, dan bahkan mendapatkan info mengenai alamat rumah Anda.

Serangan itu menyebar melalui video “lucu” yang diposting ke dinding Facebook, yang saat diklik, muncul form yang meminta Anda untuk login ke Facebook.

Serangan itu kemudian mengarahkan Anda kembali ke Facebook, menginstal sebuah aplikasi yang disebut “Media Player HD”, dan meminta Anda untuk men-download dan menginstal player “FLV” dimana itu sama dengan menginstal malware di komputer Anda. Ia makin: Tergantung pada lokasi Anda tinggal, Anda juga bisa saja disajikan dengan sebuah kontes untuk memenangkan sebuah iPad, jika Anda hanya memasukkan alamat rumah Anda.

Untuk mencegah terinfeksi malware berbahaya ini, hanya dengan cara menghapus video “lucu” tersebut jika Anda menemukannya di dinding Facebook. Jika Anda melihatnya di tempat lain di Facebook, jangan diklik! Dan tentu saja ingat aturan: Jangan masukkan login Facebook dimana saja selain di situs Facebook.com!

Jika Anda sudah terinfeksi serangan malware itu, Ubahlah password Facebook, uninstall app Facebook tersebut (sering disebut “Media Player HD”), dan scan dengan anti-virus / anti-malware pada komputer Anda.